Hai Teman2, pada kali ini ane akan membahas tentang eksotisme wisata bahari Pulau Tunda. Tujuan saya membahas eksotisme wisata bahari pulau tunda adalah ane ingin mengajak para pembaca sekalian mengenali pulau ini. Pada trip kali ini, ane tidak ngeteng seperti trip sebelumnya. Ane ngikut temen ane (sharecost) camping dan kebetulan semua cost trip temen ane yang handle, jadi ane terima jadi dan ga tau mendetail cost selama di pulau. tapi ane bakal share informasi apapun yang kiranya berguna buat agan2 sekalian kalo mau ngetrip ke pulau ini. Ane merekomendasikan tempat ini untuk Short Escape Agan2 karena pulau ini belum Mainstream ketimbang pulau2 terdekat dari Jakarta (Pulau Seribu), memiliki Underwater yang Baik untuk Pulau disekitar Barat Jawa dan bisa dijangkau dengan mudah asal NIAT.

Dokumentasi menggunakan :
Gopro Hero 4 Silver
LG G2

OVERVIEW

Tunda, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, yakni di sebelah utara Teluk Banten. Secara administratif, pulau ini termasuk dalam wilayah Kabupaten Serang, Banten. Luas Pulau Tunda adalah sekitar 300 hektare. (wikipedia.co.id) Selain itu pulau Tunda juga menjadi jalur migrasi lumba-lumba looh, dari 2x ane trip ke Pulau ini, trip terakhir ane dihiasi dengan banyak lumba-lumba dari segala penjuru saat ane Freediving bersama teman2 Bandung Freediving, wahh berasa ada di Kiluan atau Kalimantan, hhe

PETA BANTEN UTARA

Perjalanan ke Pulau Tunda

Kalau dari Jakarta bisa ke Plasa Slipi jaya dulu. dari sini bisa ambil bis apapun yang tujuannya ke arah Merak (Arimbi, Bima Suci, Primajasa, dll) kalau dari kota lain cari aja bis menuju Merak lagsung. Kemudian berhenti di Serang Timur, bisa berhenti di pertigaan setelah keluar tol serang Timur ataupun di Terminal Pakupatan. Berhenti di Pertigaan serang timur langsung banyak tukang angkot yang nawarin charteran, chaos banget hati2 aja kalau mau berhenti disini, enaknya bisa lebih deket daripada harus ke terminal pakupatan dulu. sama aja kalau di terminal pakupatan, bisa cari angkot charteran buat ke Pelabuhan Karangantu. Dari Terminal ke Pelabuhan Karangantu memakan waktu kurang lebih 30 Menit.

Sesampai di pelabuhan Karangantu, nanti langsung naik kapal menuju Pulau Tunda. Perjalanan memakan waktu 2 Jam 30 menit.

Travel Tips :

1. Contact Person di Pulau Tunda : Mas Anshar (0858-1180-4077/0877-7110-8790) orangnya friendly abis, nyewain homestay dan bisa nyewa alat snorkeling sama doi juga. Kalo mau camp, bisa nanya2 sama dia spot camp enak dimana.
  2. Sinyal Tel*komsel sangat bapuk disana  coba pakai provider lain aja disana misal (ExEl, 33, Indo*sat)
  3. Cari spot Sunrise dan Sunset?? di Utara pulau menyajikan 22nya sekaligus gan, Ane takjub juga di Utara Pulau ini, ane nge-camp, sorenya disuguhkan dengan Sunset yang indah, Paginya disambut Sunrise yang bagus biarpun mataharinya nongol jam 06:30 karena mendung. Perjalanan ke Utara pulau memakan waktu 15-20 menit dari kampung terdekat
  4. Bawa Powerbank! listrik nyala jam 6 sore (normalnya) kalau mau minta tolong ke orang sekitar juga bisa sih, baik2 aja sama warganya ya 🙂

Landscape Pulau Tunda

Allright, Masuk ke Topik Utama Thread

Berikut spot2 freedive dan snorkeling ane saat di Pulau Tunda :

1. Spot Karang Pandan

Spot area Barat Pulau Tunda, visibiliti kurang bagus kurang lebih 7 m, tapi jenis ikan cukup variatif. Dan masih lumayan banyak bulu babi, sea fern. Berikut penampakan terumbu karang dan biota laut lainnya di Karang Pandan

2. Spot Tanjungan Barat

Masih di area barat Pulau, visibiliti juga kurang bagus, masih sekitar 6-7m, hanya saja banyak jaring bekas pemancing yang tersangkut di terumbu karang dan tidak diangkat lagi, sungguh disayangkan.

Terumbu Karang Spot Tanjungan Barat
Me And Team
Me And Team On Tanjungan Barat

3. Mercusuar

Spot ini menurut ane lumayan, terletak 10 m dari bibir pantai dekat mercusuar. ikan badut (clown fish) ada banyak, terumbu karangnya bagus2. ada juga Crown of Thorns Starfish, dimana hewan ini berbahaya kalau sampe tersentuh kulit. kalau capek snorkeling bisa menepi dulu dipinggir pantai kemudian cari warung dekat mercusuar buat jajan2

Mercusuar
Mercusuar Pulau Tunda
Crown of thorns Starfish (google.co.id)

4. Spot Cemara

Spot ini menurut ane paling baik visibilitynya di bagian barat pulau. ikan dan terumbu karang sangat banyak. bahkan waktu ane kesini sempet ketemu Morray Eel (Belut Morray). Gugup sih ane, karena sempet ngeliat video orang2 dicaplok sama ini makhluk, ane akhirnya ngambil gambar dari jarak jauh aja deh, hehe

My First Encountered Morray Eel
Freedive di Cemara
Terumbu Karang Spot Cemara

5. Spot Tanjungan Baja

Spot di Timur Pulau, biasanya diajak kesini pas Hari ke 2 trip, visibility jauh lebih baik daripada spot2 di Barat pulau, bisa sampai 10m. disini banyak ditemukan clown fish, bintang laut dan terumbu karangnya juga variatif.

Spot Tanjungan Baja
Terumbu Karang Spot Tanjungan Baja

6. Spot Utara Pulau

Spot ini menurut ane terbaik sepulau, visibilitynya hampir 12m, ikan2nya juga variatif, pasti anda akan sangat menyukainya dibandingkan spot2 di Barat pulau.

Me Chassing The Fishes
Me Chasing The Fishes
Terumbu Karang Spot Utara
Clown Fish di Utara Pulau

Sebagai penutup, berikut ada 2 video dari ane tentang pulau Tunda monggo mampir gan
Overview Pulau Tunda : https://www.youtube.com/watch?v=aNfFoPfmdnU

Clown Fish At Tunda Island : https://www.youtube.com/watch?v=1RZYWGfvLNQ

Sekian Thread ane Guys, tunggu apalagi. Ambil carrier kalian, packing dan meluncur ke pulau ini. Mudah-mudahan ga nyesel deh, untuk Short Escape pulau ini recommended kok.

Yang mau nanya detail soal trip ke Pulau Tunda ini atau tips-tips traveling kesana bisa tinggalin comment dibawah yah! Jangan lupa follow instagram Saya juga yaa buat liat-liat hasil dokumentasi Saya selama perjalanan trip kemanapun.

Instagram : pranataandrii

“Never stop exploring Indonesia”