Beberapa waktu lalu Saya berkesempatan untuk singgah ke daratan Sulawesi lagi, lebih tepatnya ke Kota Manado. Tapi kali ini untuk keperluan pekerjaan, haha. Perjalanan karena hal pekerjaan tidak menghalangi Saya untuk mengeksplor kota ini. Bersama beberapa teman kantor Saya, kami memutuskan untuk mencicipi kuliner di Kota Manado.

Kota Manado sudah terkenal dengan olahan makanan-makanan lautnya. Akan tetapi, selama kurang lebih 4 hari Saya disana, akan terasa bosan jika ketemu seafood terus. Saya bahkan mengumpulkan rekomendasi dari artikel blog dan beberapa teman yang bekerja di sini untuk sekadar menemukan tempat nongkrong atau membeli cemilan-cemilan di Kota Manado.

Baca Juga: Referensi traveling ke Tana Toraja

Berikut list kuliner yang sempat Saya kunjungi selama beberapa hari di Manado. Oia, semua list dibawah ini dapat dengan mudah ditemukan di Google Maps.

1. Nasi Kuning Seroja

Teman-teman kalau sering ke Sulawesi terutama Sulawesi bagian utara, pasti tau kalau nasi kuning merupakan makanan khasnya. Nah di Manado ini, yang cukup terkenal yaitu Nasi Kuning Saroja. Banyak blog atau artikel yang mereferensikan ke tempat ini jadi Saya cukup penasaran.

1 (2).JPG
Nasi Kuning Saroja

Harganya memang 2x lipat dari nasi kuning di Jakarta. Tetapi ada tambahan topping selain telur rebus seperti daging sapi dan cakalang. Ini yang membuat rasa nasi kuningnya berbeda, kamu wajib mencoba! Harganya 20000 IDR kalau makan di tempat, sedangkan 22000 IDR apabila ingin dibawa pulang. Kok lebih mahal dibungkus ya? Karena dibungkus dengan unik dengan menggunakan daun woka.

1.JPG
Versi makan di tempat

2. Es Tji Mei dan Pisang Goroho di Kios Es Tji Mei

Es Tji Mei atau es kacang merah sebenarnya mirip dengan es campur. Di kios ini bahkan teman-teman bisa mencoba varian lainnya dengan durian. Disini juga ada pisang goroho, yaitu pisang yang disajikan dengan sambal cakalang. Sensasinya mirip makan kentang goreng karena pisangnya tidak terlalu manis. Lokasinya terletak di Jl. Sudirman.

2.JPG
Es Tji Mei

3. Rahang Tuna RM Afisha

Tuna sudah terkenal di Sulawesi, daging tuna yang segar-segar terdapat di berbagai warung seafood di berbagai tempat di Sulawesi termasuk di RM Afisha ini. Lokasi rumah makan ini terletak di Jl. Balai Kota, mudah terlihat karena di pinggir jalan. Nah disini yang jarang-jarang yaitu rahang tuna. Dengan harga cukup 35000 IDR, kita disajikan separuh rahang tuna. Disini kami juga mencoba kuliner lainnya seperti ikan tindarung (blue marlin).

3.jpg
Rahang Tuna RM Afisha

4. Kopi Toraja di C3 Café Coffee Cup

Untuk teman-teman yang mencari tongkrongan malam asik buat sekedar ngopi-ngopi, C3 Café cocok nih. Lokasinya di Jl. Piere Tendean, nah daerah nongkrongnya pemuda-pemuda manado tuh. Di café ini menyediakan cemilan-cemilan dan juga kopi khas Toraja.

4.jpg
Kopi Toraja C3 café

5. Bubur Tinutuan , RM Wakeke

Seperti bubur pada umumnya, Tinutuan cocok dinikmati untuk sarapan. Disajikan hangat-hangat, dengan jagung, sayuran seperti kemangi dan bayam, dan juga tidak ada daging. Lokasinya ini terletak di kawasan Wakeke. Di kawasan ini banyak warung yang menyediakan Bubur Tinutuan jadi tinggal pilih .

5.jpg
Kombinasi Bubur Tinutuan dan teh tawar

6. Cemilan di K8 Coffee

Di Jakarta dan beberapa kota besar sekitarnya punya warunk upnormal. Di Manado, ada K8 Coffee. Tempat ini mirip dengan warunk upnormal dan menjadi tongkrongan anak-anak muda dan juga warga sekitar. Di café ini terdapat jajanan khas Manado yaitu biapong atau yang kita biasa kenal sebagai bakpau, ada juga jajanan khas lain seperti kue cucur.

6.jpg
Kue cucur dan biapong K8 coffee

7. Tuna House (Sashimi Tuna & Sate Tuna)

Untuk penggemar tuna seperti Saya, Sulawesi adalah kota terbaik karena menyediakan olahan tuna di berbagai rumah makan. Nah karena Saya ngidam Sashimi tuna sejak berada di Gorontalo yang stoknya selalu habis, akhirnya setelah mendengar kalau di Tuna House ada sashimi, maka tempat ini menjadi target Saya ketika berada di Manado.

7.JPG
Sashimi Tuna House

Benar Saja, sashimi tuna segar yang disajikan beserta singkong rebus ini sungguh nikmat! 1 porsi seharga 50000 IDR. Ada beberapa Tuna House di Manado, kemarin Saya mengunjungi resto yang berada di Jl A.A. Maramis yang searah dengan Bandara Sam Ratulangi. Oia disini juga ada olahan tuna lain seperti sate tuna.

7 (2).JPG
Sate tuna

8. Ikan Tuda Bakar di Angel Fish Resto

Makanan laut lain yang perlu dicoba disini yaitu Ikan Tuda Bakar di Angel Fish Resto. Ikan Tuda umumnya dikenal juga sebagai ikan kembung. Olahannya dengan sambal dabu-dabu semakin membuat ikan ini terlihat lezat. Dengan membayar 35000 IDR, teman-teman dapat mencicipi paket 1 porsi ikan tuda bakar (2 ikan) dengan nasi, sayur kangkung, dan minum. Lokasi Angel Fish Resto berada di daerah Paal Dua.

8.JPG
Paket nasi ikan tuda bakar

9. Seafood di RM Dabu-Dabu Lemong

Satu tempat terakhir yang Saya kunjungi sebelum pulang kembali ke Jakarta, Dabu-Dabu Lemong resto yang terletak di Jalan Boulevard. Dabu-Dabu Lemong cocok didatangi sewaktu malam karena ada live music-nya. 

9 (2).JPG
Live music dabu-dabu lemong

Restoran ini bersih dan menu makanan yang ditawarkan variatif juga, sama seperti RM Afisha. Hanya saja sedikit lebih mahal. Beberapa blog merekomendasikan cumi bakarnya, tapi sayang waktu Saya kesana sedang habis. Rekomendasi dari Saya yaitu cobain masakan ikan apapun dengan kuah kuning, kuah asam, atau pun ikan bakarnya, enak semuaaa!

9 (1).JPG
Pesta seafood di Dabu-Dabu Lemong

Sekian list kuliner Kota Manado yang sempat Saya jajal sewaktu di Manado. Semoga bisa memberi pencerahan untuk para traveler yang sedang berkunjung ke kota ini. Yang mau nanya detail soal tips-tips traveling kesana bisa tinggalin comment dibawah yah!

Jangan lupa follow instagram Saya juga yaa buat liat-liat hasil dokumentasi Saya selama perjalanan trip kemanapun.

Instagram : pranataandrii

“Never stop exploring Indonesia”